Belajar menjahit yukkk....

Jahit menjahit sudah tidak aneh lagi dalam kehidupan saya, bagaimana tidak ? Ibu saya adalah seorang penjahit yang hebat (menurut anaknya n pelanggan-pelanggan setianya...hehehe), sudah lebih dari 30 tahun ibu saya menekuni profesi ini, kayaknya sambil merem juga bisa tuh bikin pola n potong kain :D. Abisnya gambar pola langsung aja di atas kainnya, kayak ngegambar gitu, cepet pula.

Saya sebenarnya bisa juga sedikit2 menjahit seperti bikin soman buat keliman, pasang kancing, pasang payet, dll, pokoknya finishing dari bikin baju deh, biasanya kalo orderan menjahit ibu saya sedang banyak apalagi musim nikahan atau lebaran, pasti semua orang dikerahkan buat membantu finishingnya karena ibu dan pegawainya sudah kewalahan, jadi 'terpaksalah' saya juga dikit2 belajar n akhirnya 'lulus tes kerapihan', abisnya Ibu saya cerewet kalo gak rapi n bagus, ya iya lah abisnya kan takut mengecewakan pelanggan :).

Pernah juga saya bikin baju waktu belajar menjahit di SMP. Prakteknya bikin baju tidur/piyama atas-bawah. Karena hasil akhirnya bagus (sombong mode on :D), eeeeeh gurunya gak percaya saya bikin sendiri (karena dibikin PR kerjain di rumah), padahal beneran itu bikin pola, potong, jahit, pokoknya semua dikerjakan sendiri, malah dapet nilai 6 sedangkan temen yang lain yang lebih 'ancur' malah dapet 7 :(. sedih banget deh waktu itu.

Nah, dari situ gak pernah lagi tuh bikin pola n potong sendiri, abisnya masih kebawa bete ;(, tapi kalo jadi asisten ibu sih masih tetep jalan terus, termasuk beli2 kain, beli perlengkapan menjahit dari kancing, karet, kain keras, kain furing, benang dsb. Biasanya kalo saya pergi sekolah/kuliah, dalam seminggu pasti aja pulangnya suruh mampir ke beberapa tempat disuruh beli perlengkapan jahit/kain, makanya saya faham deh dikit2 mengenai kain/perlengkapan jahit n dimana aja belinya (di seputaran bandung) nanti deh saya share di tulisan yang lain.

Setelah saya lulus kuliah n kerja di Jakarta, ritual hunting kain masih aja berjalan, cuman sekarang pindah lokasinya, jadi menjelajahi tempat2 kain di Jakarta.

Selain menjahit, Ibu saya juga hobi bikin2 desain bordiran yang unik2 buat dijual ke pelanggannya. Waktu sekolah/kuliah, saya juga suka iseng2 nawarin kain bordiran ke ibu temen2 sambil main/belajar kelompok n alhasil beberapa ibunya temen jadi pelanggan ibu saya deh sampe sekarang :D.

Rasanya kangen banget momen2 disuruh ibu beli ini/itu, bawa2 kain kemana2 buat ditawarin ke ibunya temen2, bantuin ibu kalo lagi keteteran banyak orderan, makanya nih sekarang lagi belajar menjahit lagi, dari bikin pola sampai selesai jadi baju.

Nanti saya share deh di tulisan-tulisan selanjutnya, all about menjahit :D






1 comments:

Dwi S said...

Thanks for sharing. Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat kemeja pria model terbaru tanpa harus mengikuti kursus jahit?. Anda bisa memanfaatkan pola baju kemeja siap pakai dari Fitinline.