Kain silk part 2 - Kain Raw Silk

Mengenal Kain yukkk...

Kain Raw Silk ini banyak banget macamnya di pasaran, ada yang asli, ada yang kw1, kw2, dst. Yang asli tentu aja yang paling mahal, dan yang asli juga macem2 lagi tekstur kainnya. Kalo yang kw itu biasanya kainnya lebih tipis n lebih kaku, terus warnanya juga beda.

Karakteristik kain rawsilk ini mengkilat karena terbuat dari 100 % sutera dan tekstur kainnya tidak rata karena banyak serat2nya, mungkin kalo orang yang gak tau dikiranya kain rusak/cacat. rawsilk ini biasanya dibikin untuk kebaya, apalagi bawahannya dipadukan sama kain sutra batik, kesannya mewah n ok deh. Bahannya juga adem kalo dipake (kalo yang asli ya). warnanya juga macem2 dari yang genjreng2 sampe yang pastel.

Dulu saya pernah beli di pasar baru Jakarta, bahannya enaaaak banget n seratnya juga sedikit, abisnya harganya emang lebih mahal juga dari rawsilk yang biasa dibeli ibu saya di pasar baru bandung atau di kings bandung atau di pasar mayestik, cuman waktu mau beli lagi di pasar baru jakarta, ternyata bahannya udah abis, nemu2 lagi bahan yang persis kayak gitu di mayestik udah dibikin kain saree, gak ada yang dijual per meter. mungkin itu namanya rawsilk india kali ya ?


Jangan lupa ya kalo beli kain ini harus extra perawatannya, jadi cucinya harus pake shampo, jemurnya diangin-angin aja n setrikanya buat setrika silk/anget aja biar warnanya tetep bagus n tahan lama.

Semoga bermanfaat n selamat hunting bahan raw silk, recomended deh pokoknya :)


0 comments: