Bagaimana cara merawat sutra ?

Dari semua koleksi pakaian yang dimiliki, mungkin kain atau baju dari bahan Sutra adalah yang paling disayangi, karena harganya yang lumayan mahal dan bahannya yang halus.

Supaya kain atau pakaian sutra tetap dalam kondisi ok, ada perawatan yang harus diperhatikan supaya sutra tetap berkilau dengan cantik dan tetap lembut dalam jangka waktu yang lama, jadi jangan ambil resiko dengan merawatnya secara asal-asalan.

Rumah Jahit Ibu ingin berbagi tips berdasarkan pengalaman bagaimana merawat sutra ini :

  • Jangan coba2 mencucinya dengan menggunakan mesin cuci, yang paling direkomendasikan adalah dengan mencucinya dengan cara dry clean.
  • Jika benar2 terpaksa harus mencuci sendiri, maka harus dicuci dengan tangan. Yang paling direkomendasikan sih dengan menggunakan shampo dengan menguceknya sebentar, jangan direndam atau disikat ya.
  • Untuk mengeringkannya, jangan dijemur di bawah matahari langsung, karena bisa membuat warnanya cepat pudar. Keringkan dengan hanya mengangin2kannya saja, karena karakteristik bahan sutra yang tipis membuatnya akan cepat kering.
  • Sebaiknya kain sutra jangan terlalu sering dicuci. Jika hanya sekali pemakaian dan dirasa masih bersih, cukup diangin2kan saja.

Semoga bermanfaat :)

0 comments: